Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Ke-empat Di Australia

March 31, 2015
Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Ke-empat Di Australia

Dimanalagie | Bahasa adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi antar sesama. Bahasa Indonesia menjadi simbol atau identitas dari negara Indonesia yang mampu bertahan sampai saat ini. Di Indonesia, umumnya memelajari bahasa Indonesia terkesan membosankan dan sebagian besar pelajar meremehkan karena telah menjadi bahasa sehari-hari. Para pelajar tersebut bahkan beranggapan tidak perlu untuk mempelajarinya lagi di sekolah.

Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Ke-empat Di Australia

Berbeda dengan di Indonesia, pengajaran bahasa Indonesia di luar negeri justru menjadi hal yang menarik dan disambut dengan baik. Setidaknya ada 52 negara asing yang telah membuka program bahasa Indonesia (Indonesian Languages Study), bahkan bahasa Indonesia menjadi bahasa terpopuler ke-empat di Australia. Disana ada sekitar 500 sekolah yang mengajarkan bahasa Indonesia, sampai ada yang menjadikanya sebagai salah satu bahasa yang wajib di pelajari di tingkat kelas 6 sekolah dasar. Jadi jangan heran jika kita menemui seorang anak setara sekolah dasar di Australia yang fasih berbicara bahasa Indonesia. 

Bahasa Indonesia juga menjadi salah satu jurusan bahasa Indonesia atau sastra Indonesia yang diajarkan di berbagai Universitas di Australia. Tingginya minat orang asing belajar bahasa Indonesia harus disambut positif. Andri Hadi selaku Direktur Jendral Informasi dan Diplomasi Publik Luar Negeri mengemukakan hal tersebut pada pleno kongres IX Bahasa Indonesia, yang membahas bahasa Indonesia sebagai media diplomasi dalam membangun citra Indonesia di dunia Internasional, Rabu (29/10) Jakarta. Oleh karena itu, kita sebaiknya bangga menjadi warga Indonesia yang mampu menjaga dan mempelajari bahasa negara kita sendiri. 
   
Semoga bermanfaaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »