Tips Supaya Rajin Menabung Di Usia Muda

March 04, 2015
Tips Supaya Rajin Menabung Di Usia Muda

DIMANALAGIE | Apakah anda sudah menabung? Jawabanya ada yang ya dan tidak/belum. Ada banyak alasan setiap orang untuk mulai menabung dan belum saatnya menabung. Namun, baiknya kita harus menabung mulai usia muda apalagi pada jaman modern seperti sekarang sangat penting untuk dibiasakan menabung. Banyak sekali manfaat jika kita mulai menabung mulai dini karena kebiasaan tersebut bisa terbawa sampai dewasa, selain itu kita bisa merasakan hasilnya kelak.

Mungkin anda merasa menabung itu terasa sulit dilakukan, tetapi sebenarnya jika kita mengetahui tips dan rahasianya tidak akan sulit. Berikut adalah beberapa tips agar bisa menabung di usia muda :

1. Menyusun Anggaran Setiap Bulan.

Tips Supaya Rajin Menabung Di Usia Muda

Atur mulai sekarang antara pemasukan dan pengeluaran anda dalam sebulan, serta catat prioritas yang harus di dahulukan untuk dibeli. Supaya lebih mudah membuat dokumentasi anggaran selama sebulan, gunakan software microsoft office excel karena didalamnya terdapat fitur perhitungan yang simpel dan efisien. Hal ini perlu dilakukan supaya anda dapat menghitung sendiri berapa uang yang telah di keluarkan dan membuat kita lebih teliti menggunakan uang kita. 

2. Biasakan Hidup Hemat.
Tips Supaya Rajin Menabung Di Usia Muda

Berhemat sangatlah sulit bagi orang yang jarang malakukanya, namun ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk lebih berhemat tanpa perlu tersiksa, seperti mengurangi makan di luar dan berhenti merokok. Dengan mengandalikan hasrat dan keinginan, masksudnya anda bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan, belilah berdasarkan kebutuhan pokok yang mutlak dan mana kebutuhan lainya yang masih bisa diperhitungkan anggaranya.

Jangan biarkan diri anda boros, mungkin tidak pernah terkira jika kebiasaan merokok dalam seminggu anggaplah 25.000 seminggu, sebenarnya bisa mencapai 2 juta selama setahun. Kunci kesuksesan menabung adalah membiasakan menyisakan uang jajan. Selain itu jika setiap kali anda mendapat bonus atau hadiah dalam bentuk tunai, langsung masukkan ke tabungan.

3. Buka Rekening Dan Gunakan Celengan Toples Untuk Koin Anda.
Tips Supaya Rajin Menabung Di Usia Muda

Jika anda membuat rekening bank banyak kuntunganya seperti tabungan anda akan menjadi aman, mendapat keuntungan dalam bentuk bunga setelah saldo mencapai nilai tertentu dan lain-lain. Tahukah anda memiliki tabungan di bank itu tidaklah sulit? dengan adanya inovasi dari setiap bank memungkinkan orang dibawah usia 18 atau bahkan masih anak-anak bisa memiliki rekening atas nama sendiri.  Jadi itu bisa dimanfaatkan untuk media penyimpanan uang tabungan anda. 

Uang dalam bentuk koin sering dianggaplah tidak penting. Padahal jika dikumpulkan seperti kata pepatah "sedikit demi sedikit, lama-lama akan menjadi bukit". Anda bisa memanfaatkan toples untuk mengumpulkan uang koin yang biasanya di dapatkan setelah mengambil kembalian dari toko-toko.

4. Motivasi Diri Anda Untuk Mencapai Hasil Yang Besar.

Tips Supaya Rajin Menabung Di Usia Muda

Pikirkan sejak awal keinginan anda dan berapa jumlah dana yang dibutuhkan untuk itu. Untuk memotifasi diri untuk lebih semangat menabung ada cara yang unik seperti meletakkan gambar di kamar untuk menunjukkan benda impian agar selalu ingat tujuan awal anda menabung. Setelah itu bayangkan betapa berhasinya anda setelah melewati masa-masa menabung yang akhirnya membuat anda puas.

5. Jaga Terus Disiplin.
Tips Supaya Rajin Menabung Di Usia Muda

Tips terakhir inilah yang menentukan berhasil atau tidaknya usaha anda menabung selama ini. Jaga terus disiplin anda dan terus berkomitmen untuk terus menabung. Jangan beri kesempatan untuk bermalas-malasan, siapkan dana tua, dana pendidikan, dan lainya. Setelah itu anda akan merasa senang, bahwa telah menyimpan sesuatu untuk di masa depan.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »