6 Orang Ini Sukses Sebagai Pemain dan Pelatih Sepakbola

March 01, 2015
6 Orang Ini Sukses Sebagai Pemain dan Pelatih Sepakbola | Sepakbola merupakan olahraga nomor satu di dunia dan hampir semua kalangan menyukainya. Menjadi sukses adalah keinginan semua pemain dan pelatih sepakbola, namun untuk mewujudkanya butuh kerja keras dan disiplin. Banyak kita lihat pemain dan pelatih sepakbola yang hebat, namun belum semuanya menjadi sukses. Nah, orang-orang berikut bisa dikatakan sukses sebagai pemain dan pelatih sepakbola yang sukses dalam karirnya.

1. Franz Beckenbauer.

6 Orang Ini Sukses Sebagai Pemain dan Pelatih Sepakbola

Franz Beckenbauer dijuluki sebagai Der Kaiser "Sang Kaisar", pemain ini sangat diandalkan di klubnya yang bermain pada posisi sweeper. Prestasi pemain kelahiran German ini dibuktikan saat berhasil membawa Jerman Barat menjuarai piala Eropa 1972 dan piala dunia 1974. Pada level klub ia juga berhasil menjuarai Liga Champions Eropa 3 kali berturut-turut bersama Bayern Munchen. Setelah pensiun sebagai pesepakbola, ia mencoba menjadi pelatih. Karir Beckenbauer sebagai pelatih juga hebat karena berhasil membawa  Jerman Barat menjuarai piala dunia 1990 setelah mengalahkan Argentina dan menjuarai piala UEFA bersama Bayern Munchen.

2. Johan Cruyff.

6 Orang Ini Sukses Sebagai Pemain dan Pelatih Sepakbola

Johan Cruyff adalah pemain dan pelatih sepakbola berkebangsaan belanda. Saat ia masih menjadi pemain sepakbola, Johan Cruyffn berhasil membawa Belanda sampai ke babak final piala dunia 1974, namun akhirnya takluk dari Jerman Barat. Di level klub ia sukses memberikan juara Liga Champions 3 kali berturut-turut kepada Ajax Amsterdam.

Setelah pensiun Sebagai pemain, prestasi gemilangnya melatih klub Barcelona yang berhasil menjuarai liga Spanyol 4 kali berturut-turut sekaligus juara Liga Champions pertama kalinya. Cruyff adalah orang pertama yang berhasil meraih juara Liga Champions dan Eropa sebagai pemain dan pelatih.

3. Frank Rijkaard.

6 Orang Ini Sukses Sebagai Pemain dan Pelatih Sepakbola

Mantan pemain belanda dan Barcelona ini semasa muda dulu berhasil membawa timnas Belanda menjuarai piala eropa 1988 mengalahkan Uni Sovyet dengan skor 2-0. Di level klub, ia menorehkan trofi piala Winners dan liga Belanda bersama Ajax Amsterdam. Saat bersama AC Milan ia berhasil menjuarai sebanyak 2 kali.

Setelah pensiun menjadi pemain sepakbola, karirnya berlanjut menjadi pelatih Barcelona selama 4 musim dan selama itu Frank Rijkaard berhasil membawa Barcelona meraih gelar 2 Liga Spanyol dan sebuah juara Liga Champions Eropa 2006 usai mengalahkan Arsenal dengan skor 2-1.

4. Carlo Ancelotti.


Pemain berkebangsaan Italia ini, dulunya bermain pada posisi gelandang dan 26 kali memperkuat timnas Italia, termasuk putaran final piala dunia 1990. Karir  klubnya berawal pada tahun 1976 bersama Parma dan berakhiri di club AC Milan tahun 1992, dan mampu menjuarai piala Chmapions Eropa bersama milan pada tahun 1989-1990.

Bersama Chelsea Ancelotti memenangkan Liga Primer Inggris di musim pertamanya setelah menang telak 8-0 melawan Wigan. Selain memenangkan gelar juara Liga, Ancelotti juga memberikan piala FA atas Portsmouth dengan skor tipis 1-0 pada 15 Mei 2010
Pelatih yang biasa disebut Carletto ini, pernah meraih 2 gelar Liga Champions bersama AC Milan, Piala Super Eropa, Piala Serie A, piala dunia antar klub, juara liga, dan piala Prancis bersama PSG.

Kini ia sedang berkiprah bersama klub raksasa asal Spanyol yaitu Real Madrid. Musim pertamanya bersama El Real ia sukses membawa klub tersebut meraih La Decima  atau gelar Liga Champions ke 10 dan Copa Del Rey.

5. Josep Guardiola.

6 Orang Ini Sukses Sebagai Pemain dan Pelatih Sepakbola

Josep Guardiola adalah pemain hebat bersama klubnya Barcelona. Ia bersama Barcelona berhasil menorehkan banyak trofi seperti menjuarai Liga Spanyol 4 kali beruntun, 1 kali Juara Liga Champions Eropa, dan piala Winners selama 10 musim. Hebatnya lagi saat umur 20 tahun ia sudah masuk squad inti Barcelona yang pada saat itu nasih dilatih Johan Cruyff.

Pep Guardiola akhirnya ditunjuk sebagai pelatih menggantikan Frank Rijkaard untuk melatih Barcelonan. Meskipun tak punya pengalaman sebagai pelatih dan di pandang sebelah mata oleh rakyat Catalan, beliau membuktikan dengan saat musim pertamanya ia berhasil menorehkan treble winner dan ia adalah pelatih pertama yang mampu memenagkan 6 gelar sekaligus dalam satu kalender pada 2009.

Kini ia berpindah ke klub asal Jerman, Bayern Munchen yang sebelumnya dilatih Jupp Heynckess yang akan pensiun. Para pendukung Barcelona menyayangkan hal tersebut. dan bertanya-tanya mengapa ia meninggalkan Barcelona. Di musim pertamanya Pep Guardiola menorehkan 3 trofi yaitu Bundes Liga, piala dunia antar klub, dan piala DGB lokal.


6. Jupp Heynckess.

6 Orang Ini Sukses Sebagai Pemain dan Pelatih Sepakbola

Jupp Heynckess adalah mantan pemain sepakbola berkebangsaan Jerman. Semasa aktif bermain, Jupp sangat sukse meraih segalanya naik di level klub dan nasional. Terbukti ia mampu membawa trofipiala eropa 1972 dan piala dunia 1974 bersama teman bermainya yaitu Franz Beckenbauer serta 1 trofi UEFA Cup dan 4 juara Bundes Liga.

Saat menjadi pelatih si opah ini, pernah membawa pulang 2 kali trofi Liga Champions Eropa bersama Real Madrid dan Bayern Munchen, dan treble winners untuk Bayern Munchen pada tahun 2012/2013

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »