Atasi Mata Lelah Dengan 7 Cara Ini

February 25, 2015
Atasi Mata Lelah Dengan 7 Cara Ini
DIMANALAGIE | Mata merupakan panca indra yang digunakan untuk melihat dan juga jendela untuk bisa melihat keadaan sekitar serta hal-hal indah yang ada di bumi. Untuk anda yang sehari-hari bekerja dengan bertatapan dengan layar komputer atau laptop, mungkin sudah menjadi hal yang wajar jika mata anda terasa lelah. Dengan lamanya waktu kerja yang membuat berkurangnya waktu istirahat dan jam tidur, itulah yang menjadi faktor mata akan cepat menjadi lelah. Nah, berikut ini adalah cara mengatasi mata lelah.

1. Sendok Dingin.
Atasi Mata Lelah Dengan 7 Cara Ini

Jika mata anda terasa kurang nyaman dan terasa sedikit panas, coba gunakan cara ini. Caranya adalah ambil 2 buah sendok berbahan metal dan rendam dalam air dingin selama beberapa menit, setelah itu gunakan sendok tersebut ke bagian kelopak mata selama satu menit. Setelah melakukan hal tersebut mata akan terasa lebih dingin dan nyaman.

2. Atur Jarak Pandang.
Atasi Mata Lelah Dengan 7 Cara Ini

Menurut saya ini adalah hal yang sangat penting yang harus anda lakukan. Jika mata anda berada sangat dekat dengan komputer atau gadget akan cepat membuat mata terasa pedih, oleh karena itu menurut saran dokter atur jarak mata dengan layar adlah antara 45-70 cm. Dan juga atur tinggi layar harus lebih rendah dari mata.

3. Atur Pencahayaan Ruangan dan Kecerahan Layar.

Atasi Mata Lelah Dengan 7 Cara Ini

Setelah cara ke-2 telah dilakukan, sekarang atur pencahayaan ruangan dan kecerahan layar. Aturlah kecerahan ruangan dan kecerahan layar sesuai dengan tingkat kenyamanan mata, karena jika cahaya layar terlalu cerah akan membuat mata cepat lelah dan cara ini baik untuk menghindarinya.

4. Jeda.
Atasi Mata Lelah Dengan 7 Cara Ini

Gunakanlah rumus 10, 10, 10. Setiap anda menggunakan komputer atau gadget selama 10 menit, setelah itu gunakan 10 detik untuk istirahat, dan selama 10 detiknya lagi gunakan untuk melihat benda-benda yang berjarak 20 kaki atau enam meter.

5. Lihatlah Tanaman Yang Hijau.

Atasi Mata Lelah Dengan 7 Cara Ini

Ketika mata terasa tidak nyaman setelah beraktivitas dengan komputer atau gadget, lakukan hal ini. Karena dengan melihat tanaman asri apalagi yang berwarna hijau yang menyegarkan. Selain itu juga bisa mengganti wallpaper layar dengan gambar atau tanaman yang bisa mengurangi mata lelah.

6. Obat Tetes Mata.
Atasi Mata Lelah Dengan 7 Cara Ini

Jika terus menerus memandangi layar akan membuat mata menjadi kering, itu sebabnya anda memerlukan obat tetes mata. Didalam obat tetes mata terdapat kandungan yang menjaga mata selalu lembab. Tapi ingat jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata karena sangat berbahaya. Gunakan obat tetes mata sesuai anjuran dokter atau 1-2 kali sehari.

7. Mentimun.
Atasi Mata Lelah Dengan 7 Cara Ini

Mentimun adalah cara alami yang baik dilakukan pada mata lelah dan sedikit bengkak. Caranya letakkan potongan mentimun ke bagian kelopak mata smabil memejamkan mata. Rasakan sensasi segar dan dingim yang membuat mata terasa lebih rileks dan nyaman.

Itulah artikel tentang Atasi Mata Lelah Dengan 7 Cara Ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi kita semua.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
3 March 2015 at 01:01 delete

makasih gan infonya, :D kerja ane kayak gini soalnya hehe

Reply
avatar