"Belum Lima Menit", Mitos Atau Fakta?

April 05, 2015
"Belum Lima Menit", Mitos Atau Fakta?

Dimanalagie | Ada salahsatu mitos yang beredar di masyarakat khususnya di Indonesia yaitu kalimat "Belum Lima Menit". Entah siapa yang membuat kata-kata tersebut dan sampai sekarang belum ada yang mengetahui. Memang sudah tidak asing lagi telinga kita mendengar kata "Belum Lima Menit". Mungkin maksudnya jika makanan telah jatuh ke lantai misalnya terukur waktu 10 detik berarti kita masih memiliki waktu sisanya untuk mengambil makanan tersebut dan beranggapan masih aman? 

Banyak orang percaya bahwa kuman membutuhkan waktu untuk mengkontaminasi makanan yang jatuh. Mengapa orang-orang menganggap makanan yang jatuh masih aman di konsumsi jika langsung diambil, padahal aturan seperti itu hanya mitos dan masih saja digunakan bagi kebanyakan kita. Berbagai macam kuman ada di permukaan manapun, di lantai, toilet, handphone dan lain-lain yang kita anggap bersih. Penting diketahui bahwa bakteri dapat menempel pada makanan yang telah menyentuhnya dan secepat apapun kita mengambilnya pasti sudah terkontaminasi. 

Jadi, jangan salah lagi ya.. apalagi kita saat ini hidup di zaman yang modern, apa masih percaya sama yang seperi itu. Menurut saya itu hanyalah lelucon, apalagi siapa yang ingin memungut makanan yang sudah terjatuh. Itu pilihan anda?

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »